Aku mendapatkan kesempatan pindah kerja ke kantor Sydney. walaupun dengan cara yang menurutku sangat dramatis. Kantor cabang kami di Jakarta tutup dan sebagian karyawan di tawarkan untuk direlocate ke Sydney. Dengan pertimbangan yang begitu panjang akhirnya aku memutuskan menerima tawaran untuk pindah Ke Sydney.

Minggu, Tanggal 30 January 2017 jam 10 Pagi hari pertamaku di Sydney. Berikut enam hal yang perlu dilakukan untuk bisa sattle.

Kartu Sim / Sim Card dan Paket Data

Kartu Sim dan paket data adalah hal pertama yang paling penting untuk dibeli. Kita perlu internet untuk  update social media komunikasi dengan keluarga, melihat peta/maps, jadwal transportasi umum, pesan uber, menghubungi owner tempat tinggal.  Provider yang paling populer adalah Vodafone dan Optus. Optus menawarkan paket yang lebih murah dibandingkan Vodafone. Denga harga $30 optus menawarkan 3GB paket data, Free internaltional call ke Indonesia. Harganya lumayan mahal dibandingkan dengan provider indonesia. Tapi keuntungan provider di sini sudah menawarkan unlimited call, unlimited text ke semua nomor Australia. Jadi ga perlu pusing mikirin pulsa kalau mau telpon bank, telpon kantor, dll.

Transport dan Opal Card

Kebanyakan orang Di Sydney menggunakan Kereta dan Bus. Menurutku kereta lebih bagus sih dari pada Bus. Armada nya lebih banyak dan jadwalnya lebih predictable. Bus juga banyak, tapi sering telat karena situasi kemacentan Sydney. Semua transportasi di Sydney harus dibayar menggunakan Opal Card. Opal adalah kartu prabayar seperti kartu flazz di Jakarta. Bagusnya sudah terintegrasi dengan semua transportasi umum di Sydney seperti Kereta, Bus, Kapal Fery. Opal card bisa dibeli di Convenience Store. 

Biaya transport tergolong mahal tergantung jarak dan jam. Aku dari Eastwood ke North Sydney Station bisa habis $4.8/trips saat jam sibuk. Jam sibuk antara jam 7 – 9  pagi dan 4 – 6 sore. Maximum transport $60 / minggu. Jadi kalau tinggal di tempat yang jauh, misalnya blue montains ($7.8/trip artinya $78 / 5 hari round trip) tetap membayar $60/week.

Aplikasi traveling yang sangat membantu untuk melihat jadwal kereta dan bus bisa di liat di sini. Yang sering aku pake TripVeiw.

Tempat Tinggal

Tempat tinggal adalah biaya paling mahal dari segala biaya pengeluaran di Sydney. Tergantung lifestyle kita juga sih. Ada yang prefer tinggal di tengah kota, ada yang perefer tinggal di dekat pantai, ada yang prefer tinggal didaerah yang banyak Ras tertentu, seperti Ras China, Korea, etc.

Sebelum mencari tempat tinggal permanen, lebih bagus kalau tinggal di tempat sementara dulu selama satu atau dua bulan dulu. Mencari tempat tinggal permanen gampang-gampang susah, jadi tempat tinggal temporary ini memberikan space saat mencari tempat tinggal permanen agar tidak terlalu terburu-buru.

Untuk mencari tempat tinggal bisa dicari di website property. Kalau mau cari tempat tinggal share dengan orang lain bisa cari di website gumtree, flatmates, airbnb. Di flatmates ada dua cara, posting “looking for accommodation” lalu orang-orang akan menawarkan listing mereka ke kita memalui private message. Atau bisa dengan cara mencari dari listing mereka. Untuk mencari apartemen sendiri bisa cari di website domain.com.au dan realestate.com.au. Harga sewa tempat tinggal sekitar $160 – $600 per minggu dan perlu DP/bond 2 – 4 kali biaya sewa mingguan. Tapi jangan deal lewat intenet atau telepon saja, kita perlu datang ke TKP langsung buat liat tempat yang disewakan.

Rekening Bank

Kita perlu rekening bank untuk transaksi keuangan. Buat payrol gaji bulanan, tarik tunai, transfer uang. Banyak pilihan Commonwealth Bank, ANZ, NAB, Westpac. Masing-masing ada plus minusnya bisa di liat di sini. Aku buka rekening Commonwealth Bank, karena sudah familiar namanya LOL.

Combbank termasuk bank populer di Australia, mesin ATM ada dimana-mana. Untuk membuka account register online dari website commbank. Tapi tetap harus verifikasi ke kantor cabang yang di pilih. Setidaknya tidak memakan waktu lama untuk mengisi formulir di kantor cabang. Ntar sampe kantor cabang tinggal kasi pasport ke petugas buat verifikasi, setelah itu mereka menjelaskan fitur-fitur combank beserta produk-produk  banking yang mereka rekomendasikan.

Sejauh ini commbank sangat gampang di gunakan, mobile apps nya bagus, bisa cek saldo, transfer dengan mudah. Yang paling penting tidak perlu SMS/token kaya CIMB atau BCA. ATM Commbank juga keren, bisa tarik tunai tanpa menggunakan kartu ATM / Cardless Atm Withdrawal. Untuk pengguna Android bisa mendapat fitur tambahan, bisa melakukan transaksi pembayaran melalu NFC Android.

Nomor Pajak / Tax File Number dan Superannuation

Tax File Number (TFN) ini adalah NPWP versi Australia. Gaji dari Employer akan dipotong pajak. Besar potongannya sekitar 10 – 40% tergantung besar gaji yang di dapat. Hitung-hitungannya sama seperti hitungan PPH21 di indoesia, ada lapisan-lapisanya / Tax Brackets. Untuk registrasi Tax File Number bisa di daftar di website pajak australia. TFN akan di kirimkan ke alamat dalam waktu 7 – 28 hari.

Superannuation ini sama seperti Jamsostek Ketenagakerjaan / Pensiun. 9.5% Gaji akan di potong untuk membayar suppeanuation, tapi kebanyakan perusahaan yang membayar 9.5% ke pemerintah australia, bukan karyawan. Tapi ada juga karyawan yang bayar sendiri. Buat imigran, Superannuation sebenarnya bisa di ambil tapi ada Term and Condition. Liat artikel ditautan ini untuk mengetahui superannuation lebih lanjut. Yang aku gunakan adalah Rest Super alasanya karena kebanyakan karyawan kantor produk ini.

Hidup di Sydney

Sydney memang termasuk kota paling mahal di Dunia. Biaya tempat tinggal mahal, Transportasi  mahal, buat makan bisa habis $8 – $14 sekali makan. Walaupun mahal tapi gaji yang di dapat tetap bisa mengcover biaya hidup. Kalau mau savings lebih banyak bisa mempertimbangkan tinggal di daerah yang agak jauh dari kota sekitar 45 – 60 menit commute, bila perlu 1 jam 30 menit commute. Juga pertimbangkan memasak daripada makan di luar bjadi bisa saving lebih banyak.

 

jika tulisan ini bermanfaat, like comment dan sebarkan 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s